NPM : 57414124
Kelas : 1IA17
Mata Kuliah : Algoritma & Pemrograman 1A
Dosen : Kunto Bayu A, ST
Algoritma
Arti umum adalah serangkaian urutan langkah-langkah yang tepat, logis, terperinci, dan terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah yang disusun secara sistematis.1. Algoritma adalah inti dari ilmu komputer
2. Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
3. Algoritma adalah blueprint dari program
4. Sebaiknya disusun sebelum membuat program
5. Kriteria suatu algoritma:
· Ada input dan output
· Efektifitas dan efisien
· Terstruktur
Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Pembuatan algoritma harus selalu dikaitkan dengan:
1. Kebenaran algoritma
2. Kompleksitas (lama dan jumlah waktu proses dan penggunaan memori)
- Tepat, benar, sederhana, standar dan efektif
- Logis, terstruktur dan sistematis
- Semua operasi terdefinisi
- Semua proses harus berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan
- Ditulis dengan bahasa yang standar dengan format pemrograman agar mudah untuk diimplementasikan dan tidak menimbulkan arti ganda.
Contoh Algoritma:
1. Mengirim surat kepada teman:
· Tulis surat pada secarik kertas surat
· Ambil sampul surat
· Masukkan surat ke dalam sampul
· Tutup sampul surat dengan perekat
· Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis alamat surat pada sampul
· Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian tulis alamat surat pada sampul
· Tempel prangko pada sampul
· Bawa sampul ke kantor pos untuk diposkan
2. Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap:
· Masukkan sebuah bilangan sembarang
· Bagi bilangan tersebut dengan 2
· Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2
· Bila sisa hasil sama dengan 0, maka bilangan itu adalah bilangan genap
· Jika hasil bagi sama dengan 1, maka bilangan itu adalah bilangan ganjil
“Suatu algoritma harus menghasilkan output yang tepat guna (efektif)
dalam waktu yang relatif singkat dan penggunaan memori yang relatif
sedikit (efisien) dengan langkah yang berhingga dan prosesnya berakhir
baik dalam keadaaan diperoleh suatu solusi ataupun tidak adanya solusi.”Flowchart
1. Flowchart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah
2. Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma
3. Ada 2 macam flowchart:
- System flowchart : Urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis penyimpanan dalam proses pengolahan data.
- Program flowchart : Urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.
Contoh program Flowchart
1. Flow Direction Symbols (simbol penghubung alur)
2. Processing Symbols (simbol proses)
3. Input-Output Symbols (simbol input-output)
Tabel Simbol-simbol Flowchart
Pembuatan Flowchart
1. Tidak ada kaidah yang baku
2. Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah
3. Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrograman dengan pemrograman lainnya.
4. Secara garis besar ada 3 bagian utama:
· Input
· Proses
· Output
5. Hindari pengulangan yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat
6. Jalannnya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
7. Sebuah Flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan End.
sumber : http://zenidwi94.blogspot.com/2013/11/flowchart.html
http://pdwb.blogspot.com/2013/09/algoritma-dasar-komputer.html
sumber : http://zenidwi94.blogspot.com/2013/11/flowchart.html
http://pdwb.blogspot.com/2013/09/algoritma-dasar-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar