Pengertian New Media
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New
yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan
Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu,
manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah
istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau
jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian
besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital,
seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat,
mampat, interaktif dan tidak memihak.
Beberapa contoh New Media adalah Internet, website,
komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
New Media
adalah media yang didalamnya terdiri dari gabungan berbagai elemen. Itu artinya
terdapat konvergensi media di dalamnya, dimana beberapa media dijadikan satu,
itu baru disebut new media. Contohnya : Seperti QuickTime movies, suara yang
dimasukkan secara terpisah dan berjalan selama film berjalan. Karena tiap-tiap
elemen memiliki independensi masing-masing, maka masing-masing dapat
dimodifikasi / di-edit kapanpun.
New Media adalah media dapat mengoperasikan sifat
otomatis dalam berbagai perangkatnya. Contohnya: Program edit gambar
seperti Photoshop dapat dengan otomatis memperbaiki gambar hasil scan,
membersihkan gambar dan meningkatkan kontras gambar.
Konsep New
Media
Sebagian besar teknologi yang digambarkan
sebagai " media baru " adalah digital , sering kali memiliki
karakteristik yang dimanipulasi , menggunakan jaringan , padat , kompresibel ,
dan interaktif . Beberapa contoh mungkin internet , website , multimedia
komputer , game komputer , CD -ROM , dan DVD. Media baru tidak termasuk program
televisi , film , majalah, buku , atau publikasi berbasis kertas - kecuali
mereka mengandung teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital " .
Sebagai konsekuensi dari merangkum cepat
Media Baru oleh bisnis, komunikasi, dan lain-lain, pertanyaan " apa itu
New Media? " tidak menerima tanggapan resmi atau standar yang ditetapkan.
Sebaliknya, tanggapan untuk pertanyaan ini sering mensyaratkan serangkaian kata
kunci basi atau frase kosong yang efektivitasnya yang belum ditentukan.
Pertanyaan tentang media baru bukan pertanyaan yang hanya seperti daftar mainan
baru dan alat-alat. Sebaliknya, ada pertanyaan kualitatif yang kita kaitkan
sebagai produk atau elemen dari New Media. Sebuah pertanyaan yang baik sebagai
ganti dari "apa itu New Media?" Adalah "apa yang bukan New
Media?". Yang pasti, ada beberapa petunjuk pasti untuk membimbing
pertanyaan para pengguna abad 21.
Istilah "media baru " tampaknya
lari dari pengertian aslinya. Secara luas , media baru adalah cara mengatur
awan teknologi , keterampilan , dan proses yang berubah begitu cepat sehingga
tidak mungkin untuk sepenuhnya menjelaskan apa alat dan proses tersebut.
Misalnya, ponsel di akhir 1980-an bisa dianggap sebagai bagian dari media baru
, sementara hari ini istilah mungkin hanya berlaku secara selektif untuk jenis
dari telepon tertentu dengan sistem aplikasi yang diberikan , atau bahkan yang
lebih umum , isi dari aplikasi tersebut. Bagian dari kesulitan dalam
mendefinisikan New Media adalah bahwa ada kualitas yang sulit dipahami untuk
gagasan dari kata " baru”. Kemungkinan tak terbatas untuk komunikasi,
untuk inovasi , dan pendidikan tentu saja merupakan elemen dasar yang membentuk
konsepsi kita tentang penggunaan New Media mulai saat ini.
Namun demikian, dalam mencari definisi "
New Media " kita perlu beberapa prinsip dasar yang dapat membantu kita
mendapatkan pemahaman positif yang lebih baik dari apa itu New Media apa yang
bukan New Media. New Media dapat dicirikan dengan penggunaan beraneka ragam
gambar , kata , dan suara . Jaringan dari gambar, suara , dan data teks tersebut
berbeda dari format media lama seperti surat kabar cetak karena karakteristik
bersarang (nesting).
Nesting adalah cara mengatur penyajian
informasi yang sesuai dengan subyek sementara perhatian tambahan untuk konteks.
Di tempat konteks , nesting ( paling sering terlihat di teks atau gambar hyper-
linking ) adalah format yang menumbuhkan organisasi dengan cara di mana elemen
berinteraksi satu sama lain , bukan hanya mengikuti perintah langsung.
Organisasi data baru ini tidak memerlukan " back story " dan setiap
elemen interaktif informasi berdiri sendiri. New Media memerlukan penafsiran
non-linear , karena banyak sumber yang sering berorientasi di sekitar subjek –
pusat yang sama, tetapi tidak selalu disusun . Pada sekarang ini semua ini berarti
bahwa salah satu ciri utama dari New Media adalah bahwa ia dibebaskan dari
pembatasan linear format lama seperti surat kabar , buku , dan majalah .
Mungkin konsepsi New Media ini hanya bagian
dari seluruh gambar dan garis kerangka diskusi yang lebih mendalam . Kami
menyadari bahwa banyak antarmuka secara online memperkaya pengalaman
universitas dan kantor, membuat nesting dan penulisan yang dapat dipahaim,
drop-box , dan dukungan chat berbasis pusat . Hal pertama yang disadari oleh
siapa saja yang menggunakan " New Media " di abad dua puluh satu ini
adalah bahwa teknologi dan kemampuan untuk inovasi tidak selalu menentukan
kegunaannya atau itu potensial. Tentu saja, itu semua berada di bahu pengguna.
CONTOH NEW MEDIA
1. Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya
yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website
untuk mencari berita.
2. CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website
sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
3. Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya
yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana
hiburan dan berita secara audio visual.
4. Twitter, facebook, friendster dan website
sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana
komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepada publik.
5. BSE,
e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara
online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan
buku elektronik (e-book), dsb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar