Halaman

Membuat Animasi 3D Dengan Blender

Jumat, 20 Januari 2017
Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
Proses pembuatan animasi tersebut terdiri dari beberapa tahap, yaitu:
1.       Modeling dan Pewarnaan Karakter
Modeling adalah proses pembuatan model objek dalam bentuk 3D di komputer. Model bisa berupa karakter (makhluk hidup), seperti manusia, hewan, atau tumbuhan; atau berupa benda mati, seperti rumah, mobil, peralatan, dan lain-lain. Pada animasi kali ini, model yang digunakan yaitu karakter “Bay Max” dari serial animasi Big Hero 6.
2.       Rigging
Rigging adalah pemberian struktur tulang pada objek 3 Dimensi agar objek dapat digerakkan dalam proses animasi.
3.       Animasi
Animasi adalah serangkaian gambar yang sudah di-render menjadi sebuah film. Kualitas film dikontrol oleh fitur frame per detik (fps), output ukuran, jenis file dan jenis kompresi. Metode yang paling umum dalam animasi disebut keyframing. Key frame dibuat pada berbagai titik dalam animasi sementara komputer menghasilkan semua frame transisi antara dua key frame. Dasar pembuatan animasi adalah mengubah ukuran, rotasi dan lokasi objek.
Maka, hasilnya akan seperti berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=qsUw1v6CdZs&feature=youtu.be

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Terakhir