Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika
komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek
visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender
memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar
bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi,
penyunting video, pemahat digital, dan rendering.
Proses pembuatan animasi tersebut terdiri dari beberapa
tahap, yaitu:
1.
Modeling dan Pewarnaan Karakter
Modeling adalah proses pembuatan model objek dalam bentuk 3D
di komputer. Model bisa berupa karakter (makhluk hidup), seperti manusia,
hewan, atau tumbuhan; atau berupa benda mati, seperti rumah, mobil, peralatan,
dan lain-lain. Pada animasi kali ini, model yang digunakan yaitu karakter
“Bay Max” dari serial animasi Big Hero 6.
2.
Rigging
Rigging adalah pemberian struktur tulang pada objek 3
Dimensi agar objek dapat digerakkan dalam proses animasi.
3.
Animasi
Animasi adalah serangkaian gambar yang sudah di-render
menjadi sebuah film. Kualitas film dikontrol oleh fitur frame per detik (fps),
output ukuran, jenis file dan jenis kompresi. Metode yang paling umum dalam
animasi disebut keyframing. Key frame dibuat pada berbagai titik dalam animasi
sementara komputer menghasilkan semua frame transisi antara dua key frame.
Dasar pembuatan animasi adalah mengubah ukuran, rotasi dan lokasi objek.
Maka, hasilnya akan seperti berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=qsUw1v6CdZs&feature=youtu.be
Tidak ada komentar:
Posting Komentar