Pengantar Bisnis Informatika
Nama : Muhammad
Bagus Mawardi
Kelas : 4IA13
NPM : 57414124
I. PT Djarum Indonesia

PT. Djarum adalah sebuah perusahaan rokok di Indonesia
yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah. Djarum merupakan salah satu dari tiga
perusahaan rokok terbesar di Indoensia (dua lainnya adalah Gudang Garam dan HM
Sampoerna) dan merupakan penyumbang cukai yang besar bagi APBN Indonesia.
Sejarah Djarum berawal saat Oei Wie Gwan membeli usaha
kecil dalam bidang kretek bernama Djarum Gramophon pada tahun 1951 dan mengubah
namanya menjadi Djarum. Oei mulai memasarkan kretek dengan merek “Djarum” yang
ternyata sukses di pasaran. Setelah kebakaran hampir memusnahkan perusahaan
pada tahun 1963 (Oei meninggal tak lama kemudian), Djarum kembali bangkit dan
memodernisasikan peralatan di pabriknya. Pada tahun 1972 Djarum mulai
mengeskpor produk rokoknya ke luar negeri. Tiga tahun kemudian Djarum
memasarkan Djarum Filter, merek pertamanya yang diproduksi menggunakan mesin,
diikuti merek Djarum Super yang diperkenalkan pada tahun 1981.
Lokasi Kerja Djarum tersebar di 76 Lokasi,dengan
pembagian 70 lokasi di Kudus, 3 lokasi di Pati, 1 lokasi di Rembang, dan 2
lokasi di Jepara.Kehadiran Djarum di Kudus memberikan kesempatan pada
masyarakat utamanya dalam penyediaan lapangan kerja. Karyawan yang dimiliki PT.Djarum
berjumlah 74.920 (Januari 2007) karyawan ,dan hampir 90% para karyawan adalah
masyarakat Kudus.
Proses produksi rokok Djarum terbagi dalam 2 sistem.
Pertama ,Sigaret Kretek Tangan (SKT), Produk Djarum Sigaret Kretek Tangan yaitu
Djarum 76 dengan Djarum 12. Kedua ,Sigaret Kretek Mesin (SKM) Djarum Super, La
Lights, Djarum Black, Djarum Mezzo. Tembakau dan Cengkeh yang digunakan adalah
tembakau yang berkualitas, dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk bahan baku
Tembakau yang digunakan berasal dari Weleri, Mranggen, Muntilan, Temanggung,
Bojonegoro, Jember, Madura, Lombok. Tembakau ini akan digunakan setelah melalui
pross pematangan selama 2 tahun. Bahan Baku yang kedua adalah cengkeh,cengkeh
yang digunakan berasal dari Jawa, Bali, Aceh, Ambon,Manado dll. Dan proses
pematangan memakan waktu 1 tahun
PRODUK DAN JARINGAN BISNIS PT DJARUM INDONESIA
Produk-produk rokok Djarum antara lain:
Produk-produk rokok Djarum antara lain:
- Djarum Coklat
- Djarum Istimewa
- Djarum 76
- Djarum Super
- L.A Lights
- L.A Menthol Lights
- Djarum Black
- Djarum Black Slimz
- Djarum Black Cappucino
- Djarum Black Tea
- The President (dicabut dari peredaran)
- Inspiro (dicabut dari peredaran)
- Djarum Classic (dicabut dari peredaran)
- Djarum Vanilla
- Djarum Splash
- Djarum Original
- Djarum Cherry
- Djarum Menthol
- Djarum Special
- Djarum Filter (dicabut dari peredaran)
- Djarum Super Mezzo
- Filtra (dicabut dari peredaran)
- Djarum Merdeka (dicabut dari peredaran)
Pasar Dalam Negeri, RSO Jakarta : Medan, Lake Toba,
Nias Island, Bukit Tinggi, Batam, Mentawai Archipelago, Padang, Riau
Archipelago, Jambi, Maunt Kerinci, Sumatra, Ujung Kulon National Park, Thousand
Island, Bandung, Pontianak, RSO Bandung, RSO Semarang, RSO Surabaya: Bali,
Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba, Timor, Makassar, Toraja, Manado, Papua
Djarum tidak hanya memproduksi untuk kebutuhan dalam
negeri saja, tetapi juga melakukan eksport ke berbagai negara. Produk Djarum
untuk eksport Djarum Original, Djarum Super, Djaum Black, Djarum Lights, La
Lights Menthol, La Lights, Djarum Deluxe, Djarum Special, Djarum Splash.Bali
Hai, D Vanilla, D Cherry, D Menthol, Cigarillos, Gold Seal, Dos Hermanos
Churchill, Dos Hermanos Toro, Dos Hermanos Torito. Pada tahun 2007, eksport
mencapai 1.675.554.310 batang. US$15.832.275, dengan uraian Sigaret Kretek
Mesin 1.672.004.000 batang, Sigaret Kretek Tangan: 3.300.000 batang, Cigarillos
250.310 batang. Tahun 2007 kemarin produksi lebih kurang 39,457 milyar batang/
tahun, lebih kurang 131,526 juta batang/ hari. Cukai yang dibayarkan Djarum
kepada pemerintah sebesar Rp. 7,642 troliun/ tahun,Rp.25,475 milyar/ hari.
Sumbangan yang begitu besar untuk APBN negara kita.
Menyadari bahwa bisnis kretek tak cukup menopang
kelanggengan bisnisnya, Djarum pun melebarkan sayap dalam sektor properti dan
perbankan. Di sektor properti, melalui anak perusahaannya, PT Cipta Karya Bumi
Indah (CKBI), Djarum membangun pusat grosir Wholesale Trade Centre (WTC) Mangga
Dua Jakarta. Lalu mereka berekspansi di sektor perhotelan dengan melakukan
peremajaan Hotel Indonesia dan Hotel Inna Wisata yang dilebur menjadi satu
serta dilengkapi sebuah supermal yang bernama Grand Indonesia. Untuk proyek
properti terbesar di Indonesia ini, Djarum harus menggelontorkan investasi
hingga mencapai US$230 juta.
Adapun di sektor perbankan, PT Djarum bergabung dengan
konsorsium Farallon membeli sebanyak 52% saham PT Bank Central Asia Tbk. pada
Maret 2002. Melalui Alaerka Investment, Hartono bersaudara menguasai 10%
kepemilikan saham Farindo.
Kiprah teranyarnya, Djarum tengah menjajaki bisnis
kelapa sawit (CPO) PT Hartono Plantations Indonesia di Kalimantan dan Sumatera.
Djarum memasang target minimal 100.000 hektare hingga akhir 2009 dan akan terus
meningkat menjadi 500.000 hektare pada 2011. Untuk bisnis ini, Djarum harus
merogoh kocek investasi sebesar Rp15 triliun dengan asumsi rata-rata nilai
investasi kebun sawit tersebut seharga Rp30–40 juta per hektare. Tidak berhenti
sampai di situ, perseroan juga tengah merencanakan pembangunan sejumlah kilang
pengolahan CPO.
Berbagai kiprah bisnisnya, telah menempatkan Budi dan
Michael Hartono sebagai orang kedua dan ketiga terkaya di Indonesia versi
Forbes Asia. Kekayaan Robert Budi Hartono mencapai US$1,72 miliar (Rp19,03
triliun), anjlok dari posisi tahun sebelumnya yang mencapai US$3,14 miliar
(Rp34,7 triliun). Adapun kekayaan sang abang, Michael Bambang Hartono, senilai
US$1,68 miliar (Rp18,57 triliun), turun drastis dari US$3,08 miliar (Rp34,05
triliun).
Selain dunia bisnis PT Djarum, juga melakukan berbagai
aktivitas lain, yaitu Coorporate Social Responbility di berbagai bidang di
antaranya:
Djarum Foundation
Djarum Foundation
Djarum Foundation yaitu Djarum Bakti Pendidikan
berperan aktif memajukan pendidikan melalui pembudayaan dan pemberdayaan
mahasiswa berprestasi tinggi, dalam berbagai pelatihan soft skills untuk
membentuk manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan
serta menjadi pemimpin yang cakap intelektual, emosional dan spiritual.
BIDANG OLAHRAGA
Djarum memberikan sumbangan yang begitu besar, berupa pembangunan GOR Bulutangkis. GOR ini memiliki luas 29.450 meter persegi di atas lahan seluas 43.207 meter persegi, dana yang dihabiskan Rp. 30 miliar. Bahkan, gedung ini merupakan yang terbaik di Asia Tenggara. Gedung ini memiliki bangunan terpadu yang bergaya arsitektur minmalis dengan ruang kantor, lapangan bulutangkis (16 lapangan), ruang makan, pertemuan, audio visual, perpustakaan, komputer dan fitnes.
Djarum memberikan sumbangan yang begitu besar, berupa pembangunan GOR Bulutangkis. GOR ini memiliki luas 29.450 meter persegi di atas lahan seluas 43.207 meter persegi, dana yang dihabiskan Rp. 30 miliar. Bahkan, gedung ini merupakan yang terbaik di Asia Tenggara. Gedung ini memiliki bangunan terpadu yang bergaya arsitektur minmalis dengan ruang kantor, lapangan bulutangkis (16 lapangan), ruang makan, pertemuan, audio visual, perpustakaan, komputer dan fitnes.
BULU TANGKIS
Berbicara mengenai bulutangkis.PB Djarum banyak melahirkan atlet dunia seperti: Liem Swie King, Hastomo Aebi, Hadiyanto, Kartono, Heryanto, Christioan Hadinata, dan Hadiwinoto. Fokus utama pembangunan gedung olahraga ini untuk mengembalikan kembali gelar dunia bulutangkia yang pernah diraih para pemain-pemain sebelumnya.
Berbicara mengenai bulutangkis.PB Djarum banyak melahirkan atlet dunia seperti: Liem Swie King, Hastomo Aebi, Hadiyanto, Kartono, Heryanto, Christioan Hadinata, dan Hadiwinoto. Fokus utama pembangunan gedung olahraga ini untuk mengembalikan kembali gelar dunia bulutangkia yang pernah diraih para pemain-pemain sebelumnya.
Kisah keterlibatan Djarum sendiri dalam mendorong
perkembangan bulutangkis Indonesia sendiri bermula pada tahun 1969. Didorong
rasa cinta CEO PT Djarum, Budi Hartono, pada bulutangkis, serta para karyawannya,
maka dijadikanlah tempat yang biasa dijadikan tempat melinting rokok para
karyawan Djarum sebagai sebuah tempat dimana para karyawan Djarum dapat
berlatih dan bermain bulutangkis. Lama kelamaan, tempat tersebut tidak hanya
menjadi tempat berlatih para karyawan PT Djarum saja. Masyarakat sekitar pun
mulai menggunakan tempat tersebut untuk tujuan yang sama.
Akhirnya, pada tahun 1974, terbentuklah Perkumpulan
Bulutangkis Djarum (disingkat PB Djarum) secara resmi. Awalnya perkumpulan ini
didirikan didorong rasa cinta CEO PT Djarum, Budi Hartono, pada bulutangkis,
serta para karyawannya, maka dijadikanlah tempat yang biasa dijadikan tempat
melinting rokok para karyawan Djarum sebagai sebuah tempat dimana para karyawan
Djarum dapat berlatih dan bermain bulutangkis. Lama kelamaan, tempat tersebut
tidak hanya menjadi tempat berlatih para karyawan PT Djarum saja. Masyarakat
sekitar pun mulai menggunakan tempat tersebut untuk tujuan yang sama.
Berawal dari situ, lahirlah atlit muda berbakat, Liem
Swie King yang meraih prestasi demi prestasi secara gemilang, menumbuhkan
keinginan Budi Hartono untuk serius mengembangkan kegiatan komunitas Kudus
menjadi organisasi PB DjarumPB Djarum pernah gilang-gemilang ketika Indonesia
merebut Piala Thomas pada 1984 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kala itu, dari
delapan pemain, tujuh di antaranya berasal dari PB Djarum yaitu Liem Swie King,
Hastomo Arbi,Hadiyanto, Kartono, Heryanto, Christian Hadinata, dan Hadibowo.
Satu pemain lagi adalah Icuk Sugiarto
SEPAK BOLA
Masih dalam bidang olahragra Djarum juga memberikan dukungan dan pengembangan persepakbolaan Indonesia dengan program LIGA DJARUM.Djarum mensponsorinya dengan dana lebih kurang 35 miliar. Ini diharapkan minat masyarakat akan olahraga ini semakin meningkat.
Masih dalam bidang olahragra Djarum juga memberikan dukungan dan pengembangan persepakbolaan Indonesia dengan program LIGA DJARUM.Djarum mensponsorinya dengan dana lebih kurang 35 miliar. Ini diharapkan minat masyarakat akan olahraga ini semakin meningkat.
Kegiatan Sosial Lainnya
Djarum membangun tempat khusus Green Plants
Cultivation o Seedlings Center, tempat ini dibangun pada tahun 1984, digunakan
untuk pembudidayaan bibit-bibit tanaman, baik itu tanaman berupa buah-buahan,
hias, tanaman langka, bahkan tanaman dari negara lain pun di
kembangbiakkan.Masyarakat dapat memperoleh bibit itu secara gratis.
Hal yang membuat tercengang, kesalutan dan
kekaguman.Pertama djarum menyusun suatu konsep pembelian buah dari masyarakat.
Prosesnya yaitu, bibit buah yang diberikan secara gratis kepada masyarakat,
ketika telah berbuah atau panen .dan tak dapat menghabiskan buah tersebut
masyarakat dapat menjual hasil panen tersebut kepada Djarum dengan harga yang
rendah, inilah konsep yang sangat baik, secara langsung masyarakat dapat
memanfaatkan pekarangan kosong yang dimilikinya. Kedua. Setiap masyarakat, baik
itu keorganisasian dll yang ingin melakukan penghijauan, bibit penghijauan
diberikan secara cuma-cuma.
Ketika kami bertanya berapa biaya yang dikeluarkan
djarum untuk program ini. Pihak Djarum terlihat tersenyum,silahkan dihitung
sendiri, hampir ratusan ribu bibit yang dibeli untuk penghijauan dan ini terus
meningkat berhubung isu Global Warming.
Membangun dan mengembangkan seluruh segi kehidupan
bangsa merupakan bagian yang harus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. Bagi
perusahaan, implementasi tanggung jawab sosial dan bentuk pengabdian untuk
negara biasanya disebut sebagai Coorporate Social Responbility (CSR). PT.Djarum
telah melakukan program ini sejak perusahaan terbentuk Bidang kegiatan yang
dilakukan dalam CSR dapat berupa pemberdayaan pembangunan kota, bantuan
pendidikan utamanya pemberian beasiswa, bidang olahraga, seni dan budaya dll.
Ketika para finalis BlogJurnalistikOnlain melakukan
kunjungan ke kota Kudus dengan tema DISCOVERY KUDUS, yang disponsori oleh
IndoPos, LA Lights, XL Seluler Provider. Para finalis ini mendapat kesempatan
untuk mengunjungi berbagai tempat di kota Kudus utamanya Pabrik Djarum (
Sigaret Kretek Tangan dan Sigaret Kretek Mesin, Green Plants cultivation of
seedlings Center, Pengelolaan Limbah dan terakhir GOR Bhakti Djarum.
Bila kita melihat perubahan kota Kudus dalam konteks
pembangunan, tata kota, infrasruktur dari tahun ke tahun, semua itu tak lepas
dari sumbangsih yang diberikan oleh Djarum, Ketika Pak Handojo Setyo (Corporate
Affairs PT.Djarum Kudus) memperlihatkan kepada kami gambar keadaan kota Kudus
pada tahun sebelumnya sangat berbeda dengan sekarang ini, perubahan yang paling
menonjol dengan semakin banyaknya pepohonan di setiap jalan yang dilalui di
kota Kudus. Penghijauan kota merupakan salah satu bentuk CSR Djarum.
KUNCI KEBERHASILAN PT.DJARUM
Setiap perusahaan yang melakukan bisnis di bidang
apapun itu,hal utama yang menjadi tujuannya yaitu bagaimana perusahaan tersebut
dapat berjalan dengan baik dalam arti tercapainya keberhasilan yang baik. Untuk
mencapai tujuan itu, diperlukan suatu strategi manajemen yang sudah pasti
dimiliki setiap perusahaan. Dalam Era ini dan dari tahun ke tahun, dapat
dirasakan intensitas kompetesi bisnis berlangsung dengan cepat.
Tanpa kesadaran akan faktor-faktor atau nilai penentu
keberhasilan (key success factors), maka suatu perusahaan boleh jadi akan gagap
mengelola dirinya, untuk kemudian terkapar mati ditelan arus perubahan aman. Di
Indonesia, industri yang boleh dikatakan hasilnya dinikmati semua kalangan
yaitu rokok. Meskipun industri ini, melahirkan kontroversi di masyarakat namun
juga memberikan sumbangan yang sangat besar bagi APBN. dan bukan nilai yang
sangat kecil, begitupula dengan lapangan kerja yang telah diberikan industri
ini.
Salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang
sudah melekat di hati masyarakat adalah PT.Djarum Indonesia. Perusahaan yang
berdiri 21 April 1951 di Kota Wali Kudus, Semarang. Jawa Tengah.saat ini
menjadi ikon pembangkit semangat Bakti Bangsa pada seluruh masyarakat Indonesia
dan sudah barang tentu menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain dalam
mencapai keberhasilan, seperti yang dicapai oleh PT.Djarum. Keberhasilan apa
yang diraih PT. Djarum ?.Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel saya
sebelumnya bahwa keberhasilan dan kemajuan perusahaan dinyatakan sukses jika
dalam pengelolaan atau penciptaan manajemen, lingkungan keselamatan, kesehatan
kerja berjalan dengan baik.
PT.Djarum telah membuktikan hal tersebut dengan
diraihnya beberapa penghargaan antara lain. Penghargaan Keselamatan dan
Kesehatan Kerja tahun 2002 (Zero Accident Acknowlegment), Audit Exterl
Keselamatan Kerja tahun 2004 dengan hasil 87%. Tahun 2005 berhasil mendapatkan
Bendera Emas (Bendera Emas : Pemberian penghargaan untuk perusahaan dalam
pengelolaan lingkungan yang baik bagi perusahaan dengan produksi bersih) dan
Tahun 2007 mendapat hasil 93%. Penghargaan lain Certificate of Compliance ISO
9001-1994 (Penghargaan tahun 2001) kemudian diperbaharui menjadi ISO 9001-2000.
Dengan melihat prestasi tersebut diatas, muncul
pertanyaan lagi bagaimana cara PT.Djarum dapat memperoleh keberhasilan
tersebut. Akhir tahun 2007, PT.Djarum telah pembayar cukai pada pemerintah
sebesar Rp.7,642 triliun, Rp.25.475/hari,dengan jumlah karyawan 74.490.dengan
manajemen yang terstruktur memungkinkan perusahaan ini berkembang. PT. Djarum
memiliki, 5 nilai-nilai inti dalam pengembangan perusahan. Nilai-nilai itu
adalah 1).Fokus pada pelanggan, 2).Profesionlisme, 3).Organisasi yang terus
belajar,4). Satu Keluarga,5). Tanggung Jawab Sosial.
Fokus pada pelanggan.
Pelanggan merupakan bagian yang sangat penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan, tanpa ada pelanggan, tanpa ketertarikan pelanggan terhadap produk yang telah diproduksi, perusahan akan mandet. PT.Djarum selalu mengutamakan agar pelanggan selalu puas terhadap produknya, dengan memberikan harga yang relatif rendah meskipun keuntungan yang dicapai berkurang, hal ini diatasi dengan peningkatan hasil yang baik dan jumlah penjualan, selain itu juga PT.Djarum memberikan dana kepada beberapa pelanggan untuk memasarkan produknya sehingga tercipta hubungan yang sangat dekat.
Pelanggan merupakan bagian yang sangat penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan, tanpa ada pelanggan, tanpa ketertarikan pelanggan terhadap produk yang telah diproduksi, perusahan akan mandet. PT.Djarum selalu mengutamakan agar pelanggan selalu puas terhadap produknya, dengan memberikan harga yang relatif rendah meskipun keuntungan yang dicapai berkurang, hal ini diatasi dengan peningkatan hasil yang baik dan jumlah penjualan, selain itu juga PT.Djarum memberikan dana kepada beberapa pelanggan untuk memasarkan produknya sehingga tercipta hubungan yang sangat dekat.
Profesionalisme.
Profesional dalam membangun perusahaan secara baik, dimulai dengan perekrutan karyawan-karywati yang potensial (salah satu elemen vitas bagi kegemilangan gerak sebuah perusahaan). Kemampuan perusahaan untuk melakukan inovasi secara terus menerus. seiring tuntutan tersebut, PT.Djarum selalu memberikan respon yang inovatif pada konsumen. Profesional dalam mengimplementasikan strategi-strategi yang telah dirancang dengan penuh optimis. Dengan profesionalisme tersebut semuanya dapat tercapai.
Profesional dalam membangun perusahaan secara baik, dimulai dengan perekrutan karyawan-karywati yang potensial (salah satu elemen vitas bagi kegemilangan gerak sebuah perusahaan). Kemampuan perusahaan untuk melakukan inovasi secara terus menerus. seiring tuntutan tersebut, PT.Djarum selalu memberikan respon yang inovatif pada konsumen. Profesional dalam mengimplementasikan strategi-strategi yang telah dirancang dengan penuh optimis. Dengan profesionalisme tersebut semuanya dapat tercapai.
Organisasi yang terus belajar.
Dengan keberhasilan yang diperoleh berupa penghargaan-penghargaan dan produk-produk yang inovatif,PT.Djarum tidak berpuas hati, dengan keberhasilan tersebut, selalu belajar keberhasilan itu. Tidak hanya selalu menilai perusahaannya sendiri. Melakukan sharing dengan perusahaan lain berbagi pengetahuan.
Dengan keberhasilan yang diperoleh berupa penghargaan-penghargaan dan produk-produk yang inovatif,PT.Djarum tidak berpuas hati, dengan keberhasilan tersebut, selalu belajar keberhasilan itu. Tidak hanya selalu menilai perusahaannya sendiri. Melakukan sharing dengan perusahaan lain berbagi pengetahuan.
Satu keluarga.
Rasa kekeluargaan sangat terasa di lingkungan PT.Djarum, ini terlihat ketika pada waktu istirahat, terkadang para direksi bergabung bersama karyawan,berbagi cerita, bercanda, ini menciptakan kesenangan bagi para karyawan.Disinilah kekompakan dari segenap jajaran manajemen dan karyawan. Mereka bersama-sama untuk memajukan perusahaan,dengan dukungan organisasi yang solid,serta kerja keras dari semua karyawan.
Rasa kekeluargaan sangat terasa di lingkungan PT.Djarum, ini terlihat ketika pada waktu istirahat, terkadang para direksi bergabung bersama karyawan,berbagi cerita, bercanda, ini menciptakan kesenangan bagi para karyawan.Disinilah kekompakan dari segenap jajaran manajemen dan karyawan. Mereka bersama-sama untuk memajukan perusahaan,dengan dukungan organisasi yang solid,serta kerja keras dari semua karyawan.
Tanggung Jawab Sosial.
Dalam hal tanggung jawab sosial, untuk karyawan, PT.Djarum sangat memperhatikan karyawannya dengan memberikan jaminan sosial berupa jaminan kesehatan,hadiah tahunan, tunjangan, jaminan kecelakan,jaminan pensiun. PT.Djarum juga memberikan beasiswa pendidikan pada anak-anak karyawan sehingga dapat melanjutkan pendidikannya dengan baik. Tanggung Jawab Sosial yang diberikan PT.Djarum tidak hanya pada karyawannya tetapi juga pada masyarakat umum.Untuk melaksanakan tanggung jawab ini PT.Djarum melakukan Coorporate Social Responbility (CSR), yang sangat jelas saat ini, yaitu : Djarum memberikan dananya 30 Milliar dalam pembangunan lapangan bulutangkis, GOR PT.Djarum Bakti Bangsa, yang digunakan untuk merekrut para pemain bulutangkis yang handal berkelas dunia. Dalam bidang lingkungan PT.Djarum memberikan secara cuma-cuma pohon-pohon untuk penghijauan.
Dalam hal tanggung jawab sosial, untuk karyawan, PT.Djarum sangat memperhatikan karyawannya dengan memberikan jaminan sosial berupa jaminan kesehatan,hadiah tahunan, tunjangan, jaminan kecelakan,jaminan pensiun. PT.Djarum juga memberikan beasiswa pendidikan pada anak-anak karyawan sehingga dapat melanjutkan pendidikannya dengan baik. Tanggung Jawab Sosial yang diberikan PT.Djarum tidak hanya pada karyawannya tetapi juga pada masyarakat umum.Untuk melaksanakan tanggung jawab ini PT.Djarum melakukan Coorporate Social Responbility (CSR), yang sangat jelas saat ini, yaitu : Djarum memberikan dananya 30 Milliar dalam pembangunan lapangan bulutangkis, GOR PT.Djarum Bakti Bangsa, yang digunakan untuk merekrut para pemain bulutangkis yang handal berkelas dunia. Dalam bidang lingkungan PT.Djarum memberikan secara cuma-cuma pohon-pohon untuk penghijauan.
Dalam hal tanggung jawab sosial, untuk karyawan.
Djarum memberikan jaminan sosial berupa jaminan kesehatan, Cuti Hamil, Cuti
Tahunan, Hadiah Tahunan, Tunjangan Hari Raya, Jaminan Kecelakaan, Jaminan
Kematian, Jaminan Pensiun. Peningkatan pelayanan juga terlihat dengan
dibentuknya Koperasi Karyawan PT. Djarum. Koperasi ini didirikan pada tahun
1976. Jumlah Anggotanya 51.005, dengan Volume pemasukan Rp.74.631 milyar (Januari
2008). Dengan pembentukan koperasi tersebut memungkinkan karyawan dapat
memenuhi kebutuhannya. Sejalan dengan waktu yang begitu cepat, peningkatan
koperasi yang begitu baik, membuahkan hasil pada koperasi tersebut dengan
didapatkannyan Penghargaan dari tahun ke tahun Penghargaan Koperasi Teladan
Indonesia tahun 1993, 1994, 1995 dan 1996.
KONTRIBUSI TEKNOLOGI BAGI PT DJARUM
Disamping lima aspek di atas yang menjadi salah satu
aspek yang tidak bisa dilepaskan dari keberhasilan dari PT Djarum Indonesia
adalah dari penggunaan teknologi sebagai media sales marketing and promotion
nya di samping mempunyai sales area yang lebih besar di banding 2 pesaing
perusahaan rokok (Gudang Garam dan Sampoerna). PT Djarum menggunakan teknologi
sebagai penunjang sales marketing and promotion seperi dalam tahap pembuatandan
pendesainan banner, neonbox,dll.
Selain itu PT Djarum juga melakukan inovasi dalam
berbagai macam bentuk demi memanjakan para konsumen melalui berbagai cara yang
merupakan poin plus PT Djarum yang belum di miliki oleh kompetitornya, seperti:
Salah satu dari penggunaan teknologi yang akhir-akhir
ini diperkenalkan adalah teknologi SMS di ponsel disiasati oleh PT Djarum Super
sebagai media interaktif para pecinta bola. Kali ini permainan gerakan bola melalui
SMS dibuat sedemikian rupa agar terkoneksi dengan billboard LED yang terpampang
di beberapa sudut kota.
Permainan yang diklaim sebagai inovasi pertama kali di
Indonesia oleh PT Djarum ini bernama ‘SMS To LED’. Dalam permainan ini, setiap
orang bisa mengikuti permainan itu dengan cara mengetik keyword DJARUM (spasi)
Nama (spasi) Kode Gerakan, dan mengirimkannya ke 9600. Hanya dalam hitungan
detik nama pengirim SMS akan muncul di layar LED yang terletak di persimpangan
Senayan dengan Pakubuwono. Biaya yang dikenakan pun tergolong murah, yakni
Rp500 per SMS.
Setelah mengirimkan pesan, peserta dapat melihat 10
gerakan yang akan ditampilkan di layar LED sesuai dengan perintah yang
diberikan. Gerakan-gerakan itu akan didemonstrasikan oleh Bro dan Cuy, dua karakter
pecinta sepakbola yang akan membuat program tersebut terasa lebih interaktif.
Lima gerakan masuk dalam kategori gaya sepakbola sungguhan seperti roller
coaster, double step over, drag back, hell shot, dan flip back hell shot.
Sedangkan sisa gerakan lainnya seperti tari perut, tos-tosan, serangan balik,
pagar betis, serta serangan beruntun adalah untuk hiburan semata.
2. PT Goodyear Indonesia

Goodyear boleh dibilang sebagai cikal bakal tumbuhnya
industri ban di Tanah Air. Berdiri sejak 1898 ketika Frank Seiberling membangun
perusahaan dengan menggunakan uang pinjaman dari seorang iparnya, Goodyear
tumbuh menjadi produsen ban yang disegani di dunia.
Kisah sukses produsen ban itu dimulai dari 13 pekerja
yang menghasilkan ban-ban sepeda dan kereta, alas tapak kaki kuda, serta chip
untuk bermain poker, bisnis Goodyear terus berkembang hingga akhirnya menjadi
perusahaan karet terbesar di dunia pada 1926. Seiring perkembangan industri
otomotif, motto Goodyear saat itu, "More people ride on Goodyear tires
than on any other kind", atau "Lebih banyak orang menggunakan ban
Goodyear daripada jenis-jenis lainnya", sangat dikenal masyarakat dunia.
Kini, The Goodyear Tire & Rubber Company yang
berpusat di Amerika Serikat adalah perusahaan produsen ban terbesar di dunia
yang memproduksi berbagai jenis ban, produk karet dan kimia di lebih dari 60 pabrik
di 25 negara. Total karyawan perusahaan mencakup 75.000 orang di seluruh
penjuru dunia.
Untuk mengukuhkan posisi sebagai yang terdepan dalam
industrinya, Goodyear terus mempertahankan kerjasama dengan berbagai perusahaan
otomotif terkemuka di dunia sebagai penyedia produk ban Original Equipment.
Hingga kini, Goodyear terus menjalin kerjasama dengan menjadi penyedia ban
resmi untuk kendaraan Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, Volkswagen, Audi, Mercedes
Benz, BMW, Citroen, Ford, dan General Motor.
Goodyear merupakan perusahaan ban terbesar di dunia
yang selain memproduksi ban dengan merek sendiri, juga memproduksi merek yang
tak kalah disegani seperti Dunlop, Kelly, Fulda, Lee, Sava, dan Debica.
Unit-unit bisnis perusahaan di luar ban juga menyediakan produk-produk karet
dan polymer untuk pasar otomotif dan industrial. Brand global Goodyear, seperti
yang dikenal saat ini dengan ribuan terobosan, inovasi, penemuan baru, dan
penyempurnaan, merupakan refleksi dari karakter yang berani, inovatif, dan
bersahaja dari para pendirinya.
Di Indonesia, Goodyear telah hadir sejak 1935. Sebagai
anak cabang The Goodyear Tire & Rubber Company, PT Goodyear Indonesia Tbk
memusatkan operasinya di atas lahan seluas 172.000 meter persegi di Bogor, Jawa
Barat. Hingga kini, produsen ban pertama di Indonesia ini tetap dikenal secara
konsisten menghasilkan berbagai jenis ban yang berkualitas tinggi dari masa ke
masa.
Produksi ban Goodyear Indonesia ditujukan untuk
memenuhi kebutuhan pasar domestik, sebagai Original Equipment beberapa produsen
kendaraan roda empat, serta sebagai komoditas ekspor ke berbagai negara di
dunia. Mengacu pada Undang-Undang nomor 1 tahun 1967 tentang Penanaman Modal
Asing, PT Goodyear Indonesia Tbk telah menawarkan 15% dari jumlah saham yang
ditempatkan kepada masyarakat dan telah dicatatkan pada Bursa Efek Jakarta dan
Bursa Efek Surabaya.
Sebagai bagian dari perusahaan dengan identitas global
, PT Goodyear Indonesia Tbk mendapat dukungan penuh dari pusat teknologi dan
inovasi produk yang terletak di Jepang, Eropa dan Amerika Serikat.
Selama beberapa tahun terakhir, PT Goodyear Indonesia
Tbk meraih berbagai penghargaan bergengsi, seperti Penghargaan Original
Equipment - 25 Tahun sebagai Toyota Supplier; Penghargaan Kalpataru sebagai
Perusahaan Terbaik dalam Kategori Pembina Lingkungan, dan Superbrand Award
sebagai satu satunya perusahaan ban yang mendapatkan penghargaan tersebut di
Indonesia.
Pada 2004, PT Goodyear Indonesia Tbk mendapatkan dua
penghargaan sekaligus dari Toyota, yaitu untuk Target Kualitas dan Pengiriman
serta Zero Defect Achievement.
Penghargaan lain yang diterima Goodyear, terutama di
wilayah Asia Pasifik, antara lain: Brand Laureate Award 2006/07 - Asia
Pasific's Best Brand; "The Most Trusted Tire Company" in Asia - TNS
Survey (2007).
Berkembang Pesat
Industri ban kini telah mengalami perkembangan yang
sangat pesat. Seiring dengan perkembangan outomotif dan berbagai ragam tipe
kendaraan, penggunaan ban menjadi bagian penting yang tak terelakkan. Ban juga
bukan hanya semata-mata pelengkap memaksimalkan fungsi roda, tetapi juga bagian
penting untuk kelengkapan kebutuhan keamanan, dan kenyamanan berkendara.
PT. Bridgestone Tire Indonesia merupakan Perusahaan
patungan swasta Nasional Indonesia dengan swasta Jepang. Perusahaan didirikan
pada tanggal 8 September 1973, berdasarkan UU Pemerintah Republik Indonesia
No.1/1967, tentang Penanaman Modal Asing.
Pemegang saham terdiri dari PT. Sinar Bersama Makmur,
Bridgestone Corporation dan Mitsui & Co, Ltd.
Bridgestone kini telah memperluas ekspornya ke Asia
Tenggara, Oceania, Negara-negara Timur Tengah dan Afrika, yang menghasilkan
devisa bagi negara.
Perusahaan produsen ban ini mempunyai motto menyumbang
masyarakat dengan produk bermutu tinggi. Motto ini menjadi dasar bagi
perusahaan untuk memberikan pelayanan professional sehingga pelanggan
memperoleh kenikmatan, kenyamanan, dan keselamatan, serta kepuasan sewaktu
berkendara dengan menggunakan ban merk Bridgestone.
Teknologi Bridgestone
Seluruh produk-produk Bridgestone dirancang dan
dikembangkan melalui penelitian yang mendalam, dan pengembangan secara terus
menerus, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Pusat Pengembangan Teknologi
Ban di Tokyo, Jepang yang menggunakan teknlogi terbaru. Sehingga kualifikasi
dan syarat mutu Bridgestone telah memenuhi standar internasional.
Sebagai produsen ban utama di Indonesia, Bridgestone
memiliki berbagai keunggulan, antara lain : jaminan mutu bagi setiap produk
Bridgestone, produk-produk sangat inovatif sesuai kebutuhan pelanggan, layanan
penjualan yang dekat dengan pelanggan, serta dukungan manajemen dan
infrastruktur yang sangat memadai.
PT. Bridgestone Tire Indonesia telah mendapatkan
pengakuan mutu produknya oleh Bridgestone Corporation sehingga mendapat
kepercayaan sebagai basis Export Bridgestone ke seluruh dunia.
Hal ini merupakan dorongan bagi PT. Bridgestone Tire
Indonesia untuk lebih meningkatkan mutu produk dan kapasitas produksinya.
Kumho Tires
Kumho Tires adalah perusahaan manufaktur yang
memproduksi rentang yang penuh di bawah merek Kumho dan Marshal. Mereka ini
menjadi produk resmi yang melengkapi produsen mobil seperti Chrysler, Daimler,
Ford, General Motors, Hyundai, Kia, Mitsubishi, and Volkswagen.
Kumho Tires mempunyai tiga fasilitas pabrik di Korea
Selatan yaitu pabrik Pyeongtaek Plant, pabrik Gokseong dan pabrik Gwangju yang
termasuk Kumho Research and Development Center.
Selain itu terdapat juga tiga pabrik di China yaitu
pabrik Tianjin, pabrik Gaoxin di Nanjing) dan pabrik Changchun. Sedangkan
pabrik liannya di Vietnam yang terdapat di Provinsi Binh Duong.
Kumho Tires mengekspor ban ke seluruh dunia dan
mempunyai organisasi jaringan pemasaran global.
Kumho mempunyai tiga pusat litbang, di mana yang
terbesar terdapat di Gwangju, Korea Selatan. Dua pusat litbang lainnya ada di
Akron, Ohio dan Birmingham, West Midlands.
Semua ini melayani masing-masing pasar ban di AS dan
Eropa. Pusat litbang lainnya terletak di Buchholz (Germany) and Tianjin
(China).
Kumho Tyre (UK) Ltd (anak perusahaan Kumho Tires Co.,
Inc.) dibentuk pada 1977. Fungsi administrasinya berbasis di Sutton, Surrey dan
departemen pemasarannya berada di Birmingham.
Pada 2007, Kumho menjadi mitra Platinum dari
Manchester United Football Club. Perusahaan ini diklasifikasikan sebagai
sponsor resmi klub itu. Dalam kemitraan dengan Manchester United, Kumho
meluncurkan kampanye "Pemain Aman" yang dirancang untuk meningkatkan
kepedulian pemuda akan keamanan di jalanan. Perusahaan ini juga mensponsori
berbagai event kegiatan motor seperti European Formula 3 Racing.
Pada Mei 2008 Kumho Tires memulai pembangunan
fasilitas produksi di Macon, Georgia. Pabrik ini diharapkan memproduksi
sedikitnya 2,1 juta unit ban per tahun
Goodyear boleh dibilang sebagai cikal bakal
tumbuhnya industri ban di Tanah Air. Berdiri sejak 1898 ketika Frank Seiberling
membangun perusahaan dengan menggunakan uang pinjaman dari seorang iparnya,
Goodyear tumbuh menjadi produsen ban yang disegani di dunia.
Kisah sukses produsen ban itu dimulai dari 13 pekerja
yang menghasilkan ban-ban sepeda dan kereta, alas tapak kaki kuda, serta chip
untuk bermain poker, bisnis Goodyear terus berkembang hingga akhirnya menjadi
perusahaan karet terbesar di dunia pada 1926. Seiring perkembangan industri
otomotif, motto Goodyear saat itu, "More people ride on Goodyear tires
than on any other kind", atau "Lebih banyak orang menggunakan ban
Goodyear daripada jenis-jenis lainnya", sangat dikenal masyarakat dunia.
Kini, The Goodyear Tire & Rubber Company yang
berpusat di Amerika Serikat adalah perusahaan produsen ban terbesar di dunia
yang memproduksi berbagai jenis ban, produk karet dan kimia di lebih dari 60
pabrik di 25 negara. Total karyawan perusahaan mencakup 75.000 orang di seluruh
penjuru dunia.
Untuk mengukuhkan posisi sebagai yang terdepan dalam
industrinya, Goodyear terus mempertahankan kerjasama dengan berbagai perusahaan
otomotif terkemuka di dunia sebagai penyedia produk ban Original Equipment.
Hingga kini, Goodyear terus menjalin kerjasama dengan menjadi penyedia ban
resmi untuk kendaraan Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, Volkswagen, Audi, Mercedes
Benz, BMW, Citroen, Ford, dan General Motor.
Goodyear merupakan perusahaan ban terbesar di dunia
yang selain memproduksi ban dengan merek sendiri, juga memproduksi merek yang
tak kalah disegani seperti Dunlop, Kelly, Fulda, Lee, Sava, dan Debica.
Unit-unit bisnis perusahaan di luar ban juga menyediakan produk-produk karet
dan polymer untuk pasar otomotif dan industrial. Brand global Goodyear, seperti
yang dikenal saat ini dengan ribuan terobosan, inovasi, penemuan baru, dan
penyempurnaan, merupakan refleksi dari karakter yang berani, inovatif, dan
bersahaja dari para pendirinya.
Di Indonesia, Goodyear telah hadir sejak 1935. Sebagai
anak cabang The Goodyear Tire & Rubber Company, PT Goodyear Indonesia Tbk
memusatkan operasinya di atas lahan seluas 172.000 meter persegi di Bogor, Jawa
Barat. Hingga kini, produsen ban pertama di Indonesia ini tetap dikenal secara
konsisten menghasilkan berbagai jenis ban yang berkualitas tinggi dari masa ke
masa.
Produksi ban Goodyear Indonesia ditujukan untuk
memenuhi kebutuhan pasar domestik, sebagai Original Equipment beberapa produsen
kendaraan roda empat, serta sebagai komoditas ekspor ke berbagai negara di
dunia. Mengacu pada Undang-Undang nomor 1 tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing,
PT Goodyear Indonesia Tbk telah menawarkan 15% dari jumlah saham yang
ditempatkan kepada masyarakat dan telah dicatatkan pada Bursa Efek Jakarta dan
Bursa Efek Surabaya.
Sebagai bagian dari perusahaan dengan identitas global
, PT Goodyear Indonesia Tbk mendapat dukungan penuh dari pusat teknologi dan
inovasi produk yang terletak di Jepang, Eropa dan Amerika Serikat.
Selama beberapa tahun terakhir, PT Goodyear Indonesia
Tbk meraih berbagai penghargaan bergengsi, seperti Penghargaan Original
Equipment - 25 Tahun sebagai Toyota Supplier; Penghargaan Kalpataru sebagai
Perusahaan Terbaik dalam Kategori Pembina Lingkungan, dan Superbrand Award
sebagai satu satunya perusahaan ban yang mendapatkan penghargaan tersebut di
Indonesia.
Pada 2004, PT Goodyear Indonesia Tbk mendapatkan dua
penghargaan sekaligus dari Toyota, yaitu untuk Target Kualitas dan Pengiriman
serta Zero Defect Achievement.
Penghargaan lain yang diterima Goodyear, terutama di
wilayah Asia Pasifik, antara lain: Brand Laureate Award 2006/07 - Asia
Pasific's Best Brand; "The Most Trusted Tire Company" in Asia - TNS
Survey (2007).
Berkembang Pesat
Industri ban kini telah mengalami perkembangan yang
sangat pesat. Seiring dengan perkembangan outomotif dan berbagai ragam tipe
kendaraan, penggunaan ban menjadi bagian penting yang tak terelakkan. Ban juga
bukan hanya semata-mata pelengkap memaksimalkan fungsi roda, tetapi juga bagian
penting untuk kelengkapan kebutuhan keamanan, dan kenyamanan berkendara.
PT. Bridgestone Tire Indonesia merupakan Perusahaan
patungan swasta Nasional Indonesia dengan swasta Jepang. Perusahaan didirikan
pada tanggal 8 September 1973, berdasarkan UU Pemerintah Republik Indonesia
No.1/1967, tentang Penanaman Modal Asing.
Pemegang saham terdiri dari PT. Sinar Bersama Makmur,
Bridgestone Corporation dan Mitsui & Co, Ltd.
Bridgestone kini telah memperluas ekspornya ke Asia
Tenggara, Oceania, Negara-negara Timur Tengah dan Afrika, yang menghasilkan
devisa bagi negara.
Perusahaan produsen ban ini mempunyai motto menyumbang
masyarakat dengan produk bermutu tinggi. Motto ini menjadi dasar bagi
perusahaan untuk memberikan pelayanan professional sehingga pelanggan
memperoleh kenikmatan, kenyamanan, dan keselamatan, serta kepuasan sewaktu
berkendara dengan menggunakan ban merk Bridgestone.
Teknologi Bridgestone
Seluruh produk-produk Bridgestone dirancang dan
dikembangkan melalui penelitian yang mendalam, dan pengembangan secara terus
menerus, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Pusat Pengembangan Teknologi
Ban di Tokyo, Jepang yang menggunakan teknlogi terbaru. Sehingga kualifikasi
dan syarat mutu Bridgestone telah memenuhi standar internasional.
Sebagai produsen ban utama di Indonesia, Bridgestone
memiliki berbagai keunggulan, antara lain : jaminan mutu bagi setiap produk
Bridgestone, produk-produk sangat inovatif sesuai kebutuhan pelanggan, layanan
penjualan yang dekat dengan pelanggan, serta dukungan manajemen dan
infrastruktur yang sangat memadai.
PT. Bridgestone Tire Indonesia telah mendapatkan
pengakuan mutu produknya oleh Bridgestone Corporation sehingga mendapat
kepercayaan sebagai basis Export Bridgestone ke seluruh dunia.
Hal ini merupakan dorongan bagi PT. Bridgestone Tire
Indonesia untuk lebih meningkatkan mutu produk dan kapasitas produksinya.
Kumho Tires
Kumho Tires adalah perusahaan manufaktur yang
memproduksi rentang yang penuh di bawah merek Kumho dan Marshal. Mereka ini
menjadi produk resmi yang melengkapi produsen mobil seperti Chrysler, Daimler,
Ford, General Motors, Hyundai, Kia, Mitsubishi, and Volkswagen.
Kumho Tires mempunyai tiga fasilitas pabrik di Korea
Selatan yaitu pabrik Pyeongtaek Plant, pabrik Gokseong dan pabrik Gwangju yang
termasuk Kumho Research and Development Center.
Selain itu terdapat juga tiga pabrik di China yaitu
pabrik Tianjin, pabrik Gaoxin di Nanjing) dan pabrik Changchun. Sedangkan
pabrik liannya di Vietnam yang terdapat di Provinsi Binh Duong.
Kumho Tires mengekspor ban ke seluruh dunia dan
mempunyai organisasi jaringan pemasaran global.
Kumho mempunyai tiga pusat litbang, di mana yang
terbesar terdapat di Gwangju, Korea Selatan. Dua pusat litbang lainnya ada di
Akron, Ohio dan Birmingham, West Midlands.
Semua ini melayani masing-masing pasar ban di AS dan
Eropa. Pusat litbang lainnya terletak di Buchholz (Germany) and Tianjin
(China).
Kumho Tyre (UK) Ltd (anak perusahaan Kumho Tires Co.,
Inc.) dibentuk pada 1977. Fungsi administrasinya berbasis di Sutton, Surrey dan
departemen pemasarannya berada di Birmingham.
Pada 2007, Kumho menjadi mitra Platinum dari
Manchester United Football Club. Perusahaan ini diklasifikasikan sebagai
sponsor resmi klub itu. Dalam kemitraan dengan Manchester United, Kumho
meluncurkan kampanye "Pemain Aman" yang dirancang untuk meningkatkan
kepedulian pemuda akan keamanan di jalanan. Perusahaan ini juga mensponsori
berbagai event kegiatan motor seperti European Formula 3 Racing.
Pada Mei 2008 Kumho Tires memulai pembangunan
fasilitas produksi di Macon, Georgia. Pabrik ini diharapkan memproduksi
sedikitnya 2,1 juta unit ban per tahun.
3.PT YKK Indonesia

YKK merupakan
kepanjangan dari Yoshida Kogyo Kabushikikaisha (cara mengatakan; lima kali
cepat). Pada tahun 1934 Tadao Yoshida mendirikan Yoshida Kogyo Kabushikikaisha
(diterjemahkan Yoshida Industries Limited). Perusahaan ini di dunia kini
terkemuka sebagai produsen ritsleting, membuat sekitar 90 persen dari seluruh
ritsleting di lebih dari 206 fasilitas di 52 negara.
Pada kenyataannya, mereka tidak hanya membuat ritsleting, mereka juga memproduksi mesin pembuat ritsleting; tidak ada kata "tidak" jika mereka sekaligus membuat spare parts, mesin-mesin yang membuat ritsleting. Pabrik YKK terbesar berada di Georgia, Amerika dan membuat lebih dari 7 juta ritsleting per hari.
Dalam hal apapun, Mr Yoshida mendirikan perusahaan terbaik dengan mempraktikkan prinsip yang dia sebut sebagai "Cycle of Goodness" atau "Lingkaran Kebajikan". Yakni, "Tidak ada seorang pun yang berjaya dan makmur, kecuali ia memberi manfaat bagi orang lain" Dengan menggunakan prinsip ini, Mr Yoshida berupaya untuk menciptakan ritsleting terbaik di pabrikannya yang akan terus memproduksi yang terbaik dalam periode waktu yang panjang hingga akhir.
Hal ini pada gilirannya akan menguntungkan produsen yang menggunakan ritsleting dan pelanggan akhir (konsumen) dan karena hal-hal yang menguntungkan perusahaan YKK itu, maka referensi penjualan ritsleting mereka menjadi meningkat, sehingga Mr Yoshida mampu menyelesaikan "Cycle of Goodness" atau "Lingkaran Kebajikan"; merupakan "Zen moment" atau (Kekuatan yang besar, timbul hanya dari pemikiran yang sederhana).
Jadi waktu berikutnya ketika teman-teman membuka-tutup celana, tas dan peralatan lain yang menggunakan ritsleting, maka luangkan waktu untuk mengingat Mr Yoshida, karena dialah pencetus YKK di hampir semua risleting yang ada di dunia ini.
Pada kenyataannya, mereka tidak hanya membuat ritsleting, mereka juga memproduksi mesin pembuat ritsleting; tidak ada kata "tidak" jika mereka sekaligus membuat spare parts, mesin-mesin yang membuat ritsleting. Pabrik YKK terbesar berada di Georgia, Amerika dan membuat lebih dari 7 juta ritsleting per hari.
Dalam hal apapun, Mr Yoshida mendirikan perusahaan terbaik dengan mempraktikkan prinsip yang dia sebut sebagai "Cycle of Goodness" atau "Lingkaran Kebajikan". Yakni, "Tidak ada seorang pun yang berjaya dan makmur, kecuali ia memberi manfaat bagi orang lain" Dengan menggunakan prinsip ini, Mr Yoshida berupaya untuk menciptakan ritsleting terbaik di pabrikannya yang akan terus memproduksi yang terbaik dalam periode waktu yang panjang hingga akhir.
Hal ini pada gilirannya akan menguntungkan produsen yang menggunakan ritsleting dan pelanggan akhir (konsumen) dan karena hal-hal yang menguntungkan perusahaan YKK itu, maka referensi penjualan ritsleting mereka menjadi meningkat, sehingga Mr Yoshida mampu menyelesaikan "Cycle of Goodness" atau "Lingkaran Kebajikan"; merupakan "Zen moment" atau (Kekuatan yang besar, timbul hanya dari pemikiran yang sederhana).
Jadi waktu berikutnya ketika teman-teman membuka-tutup celana, tas dan peralatan lain yang menggunakan ritsleting, maka luangkan waktu untuk mengingat Mr Yoshida, karena dialah pencetus YKK di hampir semua risleting yang ada di dunia ini.
Sejak awal tahun 1972, PT YKK Zipper Indonesia telah
tumbuh menjadi YKK Fastening Indonesia Group (Gambar), dan terkonsentrasi dalam
memberikan berbagai keuntungan bagi perdagangan Indonesia dan industri.
Produk yang saya bahas ini telah berguna untuk
mendukung industri dalam negeri tekstil, namun mereka juga ekspor komoditas
dalam hak mereka sendiri. Hampir 80% dari produk ini memproduksi diekspor ke
berbagai tempat di seluruh dunia.
Sebagai salah satu sentra produksi YKK Corporation,
YKK diharapkan untuk mengikuti perkembangan industri erat dan perdagangan
global, terutama yang terjadi di Asia.
Dunia berubah cepat dan bergerak ke arah serempak. Salah satu perkembangan permintaan perhatian khusus adalah memudar perbatasan nasional lain adalah penghapusan kuota di beberapa negara tujuan ekspor yang Menjadi yang terbaik tentu saja merupakan strategi yang baik untuk mengantisipasi fenomena. Penghargaan yang kita terima adalah penghargaan internasional prestasi kita, mereka juga menambah nilai perusahaan. Namun demikian, kepuasan pelanggan adalah perhatian utama kami. Oleh karena itu, perusahaan ini berusaha untuk pengiriman produk cepat dan akurat kepada pelanggan agar dikombinasikan dengan peningkatan kualitas dan harga yang kompetitif.
Dunia berubah cepat dan bergerak ke arah serempak. Salah satu perkembangan permintaan perhatian khusus adalah memudar perbatasan nasional lain adalah penghapusan kuota di beberapa negara tujuan ekspor yang Menjadi yang terbaik tentu saja merupakan strategi yang baik untuk mengantisipasi fenomena. Penghargaan yang kita terima adalah penghargaan internasional prestasi kita, mereka juga menambah nilai perusahaan. Namun demikian, kepuasan pelanggan adalah perhatian utama kami. Oleh karena itu, perusahaan ini berusaha untuk pengiriman produk cepat dan akurat kepada pelanggan agar dikombinasikan dengan peningkatan kualitas dan harga yang kompetitif.
Dengan mengingat tren ini dan acara, perusahaan YKK
mempersiapkan masyarakat dunia tanpa
bingkai dan terus meningkatnya persaingan. Ini sudah merupakan komitmen dari
YKK gambar, namun, untuk terus-menerus datang dengan inovasi yang mendorong
perusahaan dan masyarakat lebih jauh menuju kemakmuran.
PT. YKK Zipper Indonesia didirikan pada tanggal 23 Mei
1972 sebagai perusahaan manufaktur ritsleting-patungan antara YKK Memegang
Asia dan PT Andityawarman.
PT YKK Zipper Indonesia beroperasi berhasil dengan
1,478 karyawan dan dukungan dari 2 pabrik, satu di Cimanggis, Bogor dan yang
lainnya di Cibitung, Bekasi.
Kegiatan Perusahaan :
PT YKK Zipper Indonesia berfokus 25% dari produksi untuk ekspor langsung dalam Grup YKK, 55% untuk ekspor tidak langsung dan 20% untuk pasar domestik.
Produk utamanya adalah resleting dan komponen mereka, quicklon (kait & pengikat loop), pita elastis, tape gandum kotor, stopper kabel plastik.
Kegiatan Perusahaan :
PT YKK Zipper Indonesia berfokus 25% dari produksi untuk ekspor langsung dalam Grup YKK, 55% untuk ekspor tidak langsung dan 20% untuk pasar domestik.
Produk utamanya adalah resleting dan komponen mereka, quicklon (kait & pengikat loop), pita elastis, tape gandum kotor, stopper kabel plastik.
PT YKK Zipper • Indonesia
- ISO-9001: 2000 Sertifikat No 16841 T tahun 1999 (Quality Management)
- ISO-14001 Sertifikat No 19734 E tahun 2001 (Lingkungan Manajemen)
- Oeko-Tex Standard 100 (Sertifikat Keamanan Produk
- ISO-9001: 2000 Sertifikat No 16841 T tahun 1999 (Quality Management)
- ISO-14001 Sertifikat No 19734 E tahun 2001 (Lingkungan Manajemen)
- Oeko-Tex Standard 100 (Sertifikat Keamanan Produk
Setelah 17 tahun usaha yang sukses di Indonesia, pada
23 Oktober tahun 1989 kembali mendirikan PT YKK Zipco Indonesia, perusahaan
patungan antara Asia dan Memegang YKK Corporation yang memproduksi ritsleting.
Perusahaan ini baru mencapai kesuksesan dengan cepat dan sekarang memiliki 3
pabrik di Cibitung,Bekasi,dengan 652 karyawan.
Kegiatan Perusahaan :
PT. YKK Indonesia Zipco konsentrat produksi untuk ekspor langsung. Semua produksinya didistribusikan hampir ke semua Perusahaan YKK seluruh dunia. Produk utamanya adalah ritsleting (polyester) dan komponen mereka (kaset, rantai, slider).
• PT. YKK Zipco Indonesia
- ISO-9001: 2000 Sertifikat No 16823 T tahun 1999 (Quality Management)
- ISO-14001 Sertifikat No 19921 E tahun 2001 (Lingkungan Manajemen)
- Oeko-Tex Standard 100 (Sertifikat untuk Produk Keamananhana Lingkungan Juara III (Second Runner-Up di Indonesia Penghargaan Lingkungan)
PT. YKK Indonesia Zipco konsentrat produksi untuk ekspor langsung. Semua produksinya didistribusikan hampir ke semua Perusahaan YKK seluruh dunia. Produk utamanya adalah ritsleting (polyester) dan komponen mereka (kaset, rantai, slider).
• PT. YKK Zipco Indonesia
- ISO-9001: 2000 Sertifikat No 16823 T tahun 1999 (Quality Management)
- ISO-14001 Sertifikat No 19921 E tahun 2001 (Lingkungan Manajemen)
- Oeko-Tex Standard 100 (Sertifikat untuk Produk Keamananhana Lingkungan Juara III (Second Runner-Up di Indonesia Penghargaan Lingkungan)
PT YKK Fasco Indonesia didirikan pada tanggal 27
Januari 1995 sebagai Hook (Quicklon) dan produsen loop Fastener. Ini adalah
perusahaan patungan antara Asia dan Memegang YKK Corporation. Sekarang
perusahaan mempekerjakan 94 profesional yang diposisikan untuk menghasilkan
produk berkualitas tinggi.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar